Saatnya Mengenal Sejarah Internet

Internet atau World Wide Situs (www) berusia 30 tahun pada 11 Maret tempo hari. Akan tetapi, sebetulnya riwayat internet telah diawali semenjak lima puluh tahun kemarin. Umur 30 tahun ini terhitung dari akses World Wide Situs yang diutamakan untuk publik diketemukan pada 1989.

Saat itu pun internet sudah berkembang serta jadi kesatuan pola hidup yang tidak terpisahkan dari sehari-harinya kita. Mulai untuk memperoleh berita, pesan transportasi dan makanan, beli ticket, bahkan juga kerja, bisa dikerjakan dengan gampang lewat sentuhan jari.

Ide kerja Internet sendiri ialah menghubungkan computer pemakai dengan komputer-komputer lainnya di semua dunia, sangat mungkin pemakai yang tersambung untuk sama-sama berhubungan. Dari ide itu, panggilan online yang bermakna ‘dalam jaringan’ lahir.

Berikut beberapa poin terpenting dalam riwayat internet, sampai jadi segi pembentuk peradaban moderen kita sekarang ini.

1969: Internet dicetuskan
Pada Oktober 1969, peneliti-peneliti di Kampus California di Los Angeles (UCLA) berusaha untuk mengirim data dari satu computer ke computer lainnya. Mereka berusaha untuk mengirim tiga huruf, yakni ‘LOG’, ke computer ke-2 berbentuk kode biner, di mana computer ke-2 nanti akan memberikan dua huruf kembali, hingga jadi ‘LOGIN’.

Baca Juga : Aplikasi Android Streaming Tercepat

Artikel Terkait : Aplikasi Penguat Sinyal Wifi

Kesuksesan riset itu melahirkan project ARPANET, yang di kembangkan serta diperuntukkan untuk kepentingan militer Amerika Serikat. Skema yang dikatakan menjadi pendahulu internet itu makin bertumbuh, dari yang awal mulanya cuma menghubungkan 4 computer, jadi 13 pada 1970. Pada 1981, sudah ada 231 computer yang tersambung dalam jaringan ARPANET.

1971: Surat elektronik pertama
Ray Tomlinson, seseorang Amerika, pada tahun 1971, mengirim surat elektronik pertama memakai ARPANET, serta mencetuskan pemakaian lambang ‘@’ dalam alamat surel kita sekarang ini. Lambang ‘@’ dipakai untuk memisahkan nama pemakai, dengan jaringan yang tengah dipakai.

1983: Komunikasi antar jaringan
Awal mulanya, supaya dua computer bisa berkomunikasi keduanya pada sebuah jaringan, dibutuhkan seperti ‘protokol’ berbentuk serangkaian tingkatan, yang dipastikan oleh pengontrol komunikasi. Pada 1970, Robert Kahn, serta Vinton Cerf, meningkatkan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang sangat mungkin transisi data dikerjakan tidak cuma dalam computer dengan jaringan yang sama, tetapi pun dalam jaringan berlainan. Pemakaian TCP/IP masih tetap dipakai sampai ini hari. ARPANET mengambil tehnologi ini pada 1 Januari 1983, sangat mungkin jalinan dengan jaringan computer lainnya seperti Kampus. Pada point berikut, internet ada pada wujudnya yang kita kenal saat ini.

1990: Lahirnya WWW

WWW dicetuskan oleh Team Berners- Lee pada 12 Maret 1989, yang waktu itu kerja untuk lab fisika CERN (Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir). Dia menyarankan skema manajemen info yang terdesentralisasi.

Saat itu, CERN mempunyai beberapa ribu karyawan, serta makin banyak dengan masuknya karyawan baru. Begitu susah untuk memperoleh info yang mungkin terkait, tapi tidak didapati, sebab area untuk menyimpan yang berlainan tempat.

Usulnya ialah skema koneksi hypertext, dan penelusuran memakai keyword, yang dikaitkan dengan beberapa informasi berkaitan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *