Nah Inilah Jenis-Jenis Pipa PVC Yang Perlu Anda Ketahui

Pipa PVC (polyvinyl chloride) sekarang ini banyak digunakan menjadi alternatif pipa besi. Memang dari bagian kemampuan, pipa besi lebih kuat, akan tetapi pipa PVC mempunyai keunggulan lainnya.

“Dibanding pipa besi, pipa PVC lebih mudah, ekonomis, lentur, tidak berkarat, tahan asam alkali, non-konduktor, serta instalasi gampang,” jelas Septian, Product Specifier Power, waktu peluncuran pipa Power, Selasa (3/3).

Akan tetapi, ada banyak hal yang perlu untuk diketahui waktu pilih pipa untuk rumah Anda:

Type Pipa
Ada tiga type pipa yang tersebar di market, yaitu type AW, D, serta C.

Pipa type AW adalah pipa rucika sangat tebal yang dapat meredam desakan sampai 10 kg/cm2. Pipa type ini baik untuk aliran air minum, terpenting sisi penghisapan sampai aliran air ke keran.

Pipa type D adalah pipa dengan ketebalan tengah yang dapat meredam desakan sampai 5 kg/cm2. Pipa type ini pas untuk aliran pembuangan serta sampah.

Pipa type C adalah pipa sangat tipis. Pipa type ini kurang baik untuk aliran air serta seringkali digunakan hanya untuk pelindung, seperti pelindung kabel listrik.

(Tekuni Langkah Menambal Bak Mandi)

Ukuran Pipa
Untuk ukuran, pipa PVC umumnya tersebar di market mempunyai panjang 4 mtr. dengan diameter 5/8, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, serta 6 inci.

Bentuk Pipa
Pipa PVC mempunyai beberapa bentuk yang bisa diambil sesuai dengan keperluan, yaitu pipa polos, MOF, fitting, serta talang.

Pipa polos mempunyai diameter yang sama. Untung menyambung dua pipa polos membutuhkan pipa penyambung (increaser).

Pipa MOF mempunyai ujung berdiameter semakin besar, hingga untuk menyambung dua pipa tidak membutuhkan increaser.

Pipa fitting dipakai untuk menyambung dua sampai empat pipa. Pipa type ini mempunyai bermacam bentuk, mulai increaser, bentuk T, L, dan sebagainya.

Pipa talang mempunyai bentuk penampang seperti huruf U. Pipa ini biasa dipasang di ujung jurai atap rumah(dibagian lisplang) untuk menyalurkan air hujan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *