25 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk PC


Aplikasi Edit Foto PC – Perkembangan zaman turut mengubah fungsi dari PC (Personal Computer). Jika pada awalnya komputer ditujukan untuk hal-hal sederhana, seperti mengetik, menghitung maupun mencetak kini fungsinya jauh lebih luas. Salah satu fungsi yang banyak diandalkan oleh pengguna adalah edit foto.

Merupakan hal yang bukan rahasia lagi bahwa banyak orang yang menyukai fotografi. Baik hanya sekadar foto selfie ataupun mengabadikan momen bersama keluarga dan teman, hingga yang serius terjun ke bidang fotografi dan meraup keuntungan dari kegiatan tersebut.

Sebenarnya sekarang ini sudah banyak kamera yang menawarkan kualitas bagus, entah itu kamera HP, kamera digital, mirrorless hingga DSLR. Akan tetapi bagi sebagian orang hasil bidikan yang bagus saja belum cukup. Oleh karena itu ada aplikasi edit foto di komputer. Fitur yang ditawarkan pada aplikasi penyunting foto juga beragam. Mulai crop, filter, penyesuaian warna hingga manipulasi.

Fitur-fitur tersebut tentu akan memudahkan orang yang ingin mengedit foto miliknya. Apabila Anda tengah kebingungan mencari aplikasi edit foto di PC, kami memiliki sejumlah referensi. Mulai dari aplikasi gratis hingga berbayar. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan berikut.

Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

  1. GIMP

GIMP (GNU Image Manipulation Program) dapat Anda jadikan salah satu pilihan jika sedang mencari aplikasi tanpa bayar. Pertama kali dirilis pada tahun 1996, aplikasi ini tentu sudah sangat familiar bagi Anda yang dekat dengan sistem operasi Linux. Selain untuk Linux, GIMP juga tersedia untuk OS lain seperti Windows maupun Mac. Aplikasi edit foto gratis download ini memiliki fitur yang cukup mumpuni jika Anda mencari software gratisan untuk sunting gambar.

  1. Paint.NET

Aplikasi edit foto for PC ini memang tidak terlalu terkenal. Fitur yang ditawarkan juga tidak seperti GIMP. Meski begitu aplikasi yang satu ini tetap cocok untuk Anda yang tidak mengutamakan tawaran fitur yang melimpah. Paint.NET membawa sejumlah fitur dasar untuk edit foto.

  1. PhoXo

Aplikasi untuk edit foto yang satu ini akan cocok untuk anak-anak yang ingin belajar edit foto dengan menyisipkan gambar-gambar menarik. Berbekal aplikasi ini, Anda bisa bereksperimen dengan menyisipkan clipart lucu beragam tema. Mulai dari emoticon, gambar hewan, simbol dan lain sebagainya. Di samping itu aplikasi ini memiliki fitur seperti watermark custom, paint tools, transformasi gambar dan lain-lain.

  1. Photo Pos Pro

Aplikasi edit foto laptop lain yang bisa dijadikan pilihan adalah Photo Pos Pro. Aplikasi ini mengusung konsep editing dalam bentuk layering. Dengan konsep ini pengguna akan dengan mudah mengedit foto dan menerapkan efek-efek maupun menambahkan komponen tertentu. Ada beberapa tools yang ditawarkan aplikasi ini, seperti brush tool, tool seleksi, geometric selection dan lain sebagainya.

  1. PhotoScape

Aplikasi ini mungkin familiar di kalangan penyuka foto. PhotoScape menawarkan tampilan yang cukup mudah dipahami. Tools-tools yang ditawarkan cukup memadai untuk keperluan edit foto mendasar. Anda bisa menyisipkan frame unik, clipart, speech bubbles dan lain-lain. Tidak hanya itu, aplikasi edit foto di laptop yang satu ini juga tersedia dalam bahasa Indonesia yang akan memudahkan Anda untuk memahami fitur yang ditawarkan.

  1. PhotoFiltre

Aplikasi edit foto untuk laptop ini lebih ditujukan untuk retouching gambar atau foto. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis untuk tujuan penggunaan pribadi. Ada sejumlah tools yang ditawarkan, seperti filter, vectorial selection, brushes dan erase tool.

  1. PixBuilder

Aplikasi ini bisa menjadi solusi lain untuk Anda. Pixbuilder bisa dikatakan salah satu aplikasi edit foto terbaik untuk PC dengan spesifikasi minim. Dengan begitu Anda tidak perlu risau bila ingin mempermanis foto bidikan Anda namun spesifikasi komputer Anda terbatas.

Aplikasi gratisan (freeware) ini memiliki ukuran yang tergolong kecil. Ada beberapa fitur yang ditawarkan, seperti multi undo, full set manajemen warna, color channel mode, high quality effect, tools seleksi, editing layer dan lain sebagainya.

  1. Chasys Draw IES

Aplikasi ini bisa dikatakan memiliki tawaran fitur yang mirip dengan aplikasi foto berbayar ternama, Adobe Photoshop. Perbedaannya aplikasi ini dibuat lebih ringan dan yang terpenting dapat diperoleh secara gratis. Berbeda dengan Photoshop yang mengharuskan penggunanya membayar untuk mendapat fitur yang disediakan.

Tampilan antarmuka aplikasi ini juga mirip dengan Photoshop sehingga memudahkan pengguna untuk beradaptasi. Apabila Anda sudah familiar dengan Photoshop, maka aplikasi ini bisa menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik PC dari segi tampilan karena beberapa kemiripan dengan Photoshop.

  1. Photobie

Aplikasi edit foto lain yang bisa Anda coba adalah Photobie. Software ini dapat difungsikan untuk mengedit foto, scrapbooking maupun membuat animasi lucu. Fitur yang ditawarkan cukup mumpuni dan dapat dijadikan alternatif pengganti Photoshop. Beberapa keunggulan Photobie adalah tool image editing yang cukup lengkap, mendukung advanced layer, mendukung Photoshop filter plug-in dan masih banyak kelebihan lainnya.

  1. PicMonkey

Perangkat lunak ini memiliki fitur yang sederhana namun tepat untuk Anda yang ingin berkreasi dengan foto tanpa perlu proses yang sulit. Ada dua versi yang ditawarkan, pro dan gratis. Sementara tools yang ditawarkan antara lain airbrushing, wrinkle-removers, stiker dan lain-lain.

  1. Krita

Krita bisa menjadi software edit foto alternatif selain GIMP maupun Office. Aplikasi ini termasuk aplikasi open source yang termasuk dari desktop KDE. Ada cukup banyak ekstensi yang didukung, seperti PSD, PNG, BMP, JPEG, GIF dan lain-lain. Sama seperti aplikasi lain, Krita juga memiliki filter dan efek yang dapat diterapkan pada gambar.

  1. Fotor

Aplikasi ini memiliki fungsi yang serupa dengan PicMonkey. Ada sejumlah pilihan filter yang dapat digunakan. Di samping itu juga tersedia alat tilt-shift dan template maupun stiker lucu yang dapat mempercantik foto Anda. Menariknya Fotor juga memiliki ekstensi untuk browser Google Chrome.

  1. Pixlr Online

Pengguna smartphone, Android maupun iOS pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Terlebih jika Anda gemar foto selfie. Pixlr memang terkenal dengan aplikasi edit foto untuk Android. Namun jangan salah, Pixlr juga menawarkan aplikasi edit foto PC online.

Anda harus online atau terhubung ke internet terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya. Ada dua versi aplikasi, yakni Pixlr Express dan Online Photo Editor. Anda bisa mengaksesnya ke https://pixlr.com. Bila rumah Anda selalu terhubung dengan internet, maka Pixlr bisa menjadi aplikasi edit foto online yang baik untuk Anda. Karena bisa Anda pakai secara gratis dan tampilannya mudah untuk dipahami.

  1. Adobe Photoshop

Photoshop merupakan salah satu aplikasi edit foto PC berbayar yang populer. Fitur yang ditawarkan beragam dan dinilai cocok untuk fotografer yang membutuhkan aplikasi handal untuk mempercantik hasil gambarnya. Salah satu fitur yang paling banyak dipakai adalah fitur manipulasi gambar.

Selain fitur yang tersedia secara default, pengguna juga bisa menambahkan plug-in yang menunjang kegiatan edit fotonya. Karena pengalaman yang cukup panjang di dunia editing foto dan banyak diandalkan oleh fotografer, tidak salah jika Photoshop dikatakan sebagai salah satu aplikasi edit foto PC terbaik.

  1. Adobe Photoshop Lightroom

Aplikasi besutan Adobe lainnya yang diperhitungkan di dalam dunia fotografi adalah Lightroom. Aplikasi ini memiliki beberapa Modul Library seperti Develop, Map, Book, Slideshow, Print, Web. Aplikasi ini tidak kalah populer dari Photoshop lantaran bisa dipakai untuk fotografer pemula hingga mahir.

Anda bisa mengunduh aplikasi edit foto PC terbaru Lightroom ini di situs resminya. Tersedia versi uji coba jika Anda ingin mencobanya. Atau Anda juga bisa membelinya jika tertarik untuk memiliki aplikasi besutan Adobe ini.

  1. Corel PaintShop

Corel dikenal banyak orang karena dapat diandalkan untuk membuat desain grafis. Namun selain tujuan tersebut Corel juga memiliki aplikasi untuk editing foto. Corel PaintShop memiliki 3 menu utama, yaitu adjust, manage dan editing. Tampilannya dinilai mudah dipahami, memiliki fitur yang lengkap, terdapat smart selection brush, script built-in dan lain-lain.

  1. ACDSee Photo Editor

Aplikasi ini memang kalah pamor dari Photoshop. Meski begitu bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki fitur yang memadai. ACDSee Photo Editor dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas foto. Fitur yang ditawarkan diantaranya filter, effect, memanajemen dan mengategorikan gambar secara otomatis, batch converter dan mendukung lebih dari 100 jenis gambar.

  1. Adobe Photoshop Lightroom online

 

Selain versi offline, Anda juga bisa mencoba Lightroom versi web. Sama halnya dengan Pixlr, Anda harus terhubung ke internet dan memiliki browser yang memadai untuk bisa menggunakannya. Anda bisa langsung mengunjungi https://lightroom.adobe.com/.

Untuk dapat menambah dan mengedit foto, terlebih dahulu Anda harus sign in atau daftar bila belum memiliki akun Adobe. Bila sudah, Anda dapat memakainya untuk mengedit foto. Foto yang Anda edit akan disimpan secara online sehingga Anda bisa mengeditnya di PC maupun ponsel pintar.

  1. Sumopaint

Bila Anda ingin memberikan sentuhan seni pada foto Anda, Anda bisa memanfaatkan Sumopaint. Aplikasi edit gambar berbasis browser ini menawarkan sederet kemampuan yang memudahkan Anda menciptakan sebuah karya seni. Ada sederet tools yang tersedia, seperti pensil, kuas, teks, cloning, gradien dan lain sebagainya.

Aplikasi ini tergolong mudah untuk dipahami karena tampilannya yang cukup familiar. Tidak perlu khawatir, Sumopaint tersedia secara gratis. Hanya saja Anda membutuhkan akses internet dan Adobe Flash Player untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini.

  1. Artweaver

Tidak jauh berbeda dengan Sumopaint, Artweaver pada dasarnya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan Anda yang hobi melukis maupun membuat sketsa. Dengan aplikasi ini Anda bisa memberikan sentuhan lukisan pada foto Anda sehingga menghasilkan karya yang kreatif.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan versi pro. Bila sekadar ingin mencobanya, pilih saja free version. Bila tertarik untuk mendapat fitur yang lebih banyak, Anda bisa membelinya untuk memperoleh pro version.

  1. Firealpaca

Aplikasi ini bisa dipilih untuk Anda yang ingin menambahkan sentuhan grafis karya Anda sendiri pada foto Anda. Bila diperhatikan Firealpaca terlihat sederhana dan dapat dengan mudah Anda pelajari fitur-fiturnya. Aplikasi ini tersedia untuk PC dengan sistem operasi Windows maupun MAC. Di samping itu Anda bisa mendownload secara gratis tanpa perlu membayar.

  1. Gimpshop

Aplikasi ini bisa dikatakan merupakan turunan dari GIMP. Tampilannya dibuat mirip seperti Photoshop. Dengan begitu pengguna baru tidak akan kesulitan untuk memahaminya. Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap dan memadai. Di samping itu kelebihan lainnya aplikasi ini tergolong freeware yang tidak akan membuat kantong Anda kempis.

Berbekal Gimpshop, Anda bisa memperbaiki foto dan menghapus elemen yang tidak diperlukan dalam foto. Misalnya mata merah (red eye) dan menghapus latar belakang objek. Anda juga bisa melakukan impor dan ekspor gambar dalam beragam format, seperti JPEG, GIF, PNG, dan TIFF; menggunakan standar PSD industri, atau XCF asli.

  1. Photopad Photo Editor

Aplikasi ini tergolong sederhana namun bisa diandalkan untuk Anda yang ingin menambahkan efek-efek tertentu sehingga foto terlihat semakin menarik. Di samping itu Anda juga bisa memperbaiki warna, rotasi, flip, membuat slideshow dan menyisipkan tulisan pada foto.

Anda bisa mengunduh Photopad secara gratis. Bila ingin dipakai untuk tujuan komersial, maka Anda harus membayar banderol yang dipatok pihak pengembang software ini.

  1. Topaz B&W

Aplikasi editing foto ini bertujuan untuk menerapkan efek pada foto buatan Anda. Sesuai dengan namanya, efek yang ditawarkan adalah hitam dan putih. Selain itu juga tersedia efek yang membuat foto Anda layaknya foto jadul alias jaman dulu. Topaz B&W juga menawarkan plug-in yang akan memudahkan Anda dalam berkreasi dengan foto. Bila tertarik, aplikasi ini bisa Anda beli di situs resminya http://www.topazlabs.com.

  1. Pinta Image Editor

Awalnya software edit foto PC ini hanya tersedia untuk sistem operasi Linux dan turunannya. Namun seiring berjalannya waktu pengguna Windows dan Mac OS X bisa ikut mencoba aplikasi ini. Pinta dapat diandalkan untuk menggambar ataupun mengedit foto. Tampilan antarmuka aplikasi ini tidak akan menyulitkan Anda untuk belajar. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di internet maupun situs resminya.

Demikian adalah sejumlah aplikasi edit foto PC yang dapat Anda coba. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karenanya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Disarankan untuk menggunakan aplikasi edit foto terbaru yang bisa Anda peroleh dengan mengunjungi situs resminya. Jangan lupa untuk melihat spesifikasi yang dibutuhkan masing-masing aplikasi dan cermati apakah sesuai dengan spesifikasi PC Anda.

Baca Juga : 

Source:

hp xiaomi terbaru 2017,aplikasi edit foto dengan effect terbaik buat pc,edit poto pc,download aplikasi edit foto untuk pc ukuran kecil,donwload aplikasi edit poto,aplikasi edit photo di pc,aplikasi edit fotp pc terbaik,Aplikasi edit foto pc,aplikasi edit foto mirroles di leptop,software foto jaman dulu for pc

25 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk PC | dias mahendra | 4.5