30 Aplikasi Edit Video PC Terbaik dan Ringan


Aplikasi Edit Video PC – Berlibur menjadi salah satu kegiatan menyenangkan. Di saat seperti itu kita dapat menghabiskan waktu bersama orang terdekat, baik itu keluarga maupun sahabat. Selain itu beberapa orang juga mengabadikan momen ini dalam bentuk foto ataupun video. Foto dan video memang merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat, terutama mereka yang gemar traveling.

Ada pula orang yang memang memiliki hobi di bidang tersebut. Beberapa diantaranya bahkan bisa meraup rupiah dari kegemarannya tersebut. Ada pula yang menyalurkan pengetahuan seputar foto dan video di blog ataupun Youtube. Kita juga tahu banyak Youtubers yang tenar hanya bermodal kamera dan ide-ide yang segar.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya apa saja sebenarnya aplikasi pembuat video yang dipakai oleh banyak orang. Tidak perlu repot-repot, dalam artikel ini kami akan mengupas seputar aplikasi edit video terbaik PC  yang bisa Anda coba. Memang tidak ada software yang benar-benar baik, sebab setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga : 

Aplikasi Android Terbaik Wajib Install

Aplikasi Blackberry Gratis Terbaik

Sebelum dibahas satu per satu, perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi yang kami paparkan gratis. Ada beberapa aplikasi premium atau berbayar, baik itu aplikasi pemotong video, aplikasi pengedit video dan lain sebagainya. Selain itu hal yang tak kalah penting adalah Anda juga harus menyesuaikan spesifikasi PC Anda dengan persyaratan minimum dari aplikasi pengedit video tersebut.

Namun kabar baiknya Anda bisa menjumpai aplikasi edit video PC ringan yang ramah untuk komputer atau notebook dengan spesifikasi rendah. Berikut adalah 30 aplikasi edit video PC yang bisa Anda coba :

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

1. CyberLink PowerDirector Deluxe

Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia multimedia mungkin tidak asing dengan software yang satu ini. Jika masih awam, aplikasi ini bisa menjadi bahan untuk memperdalam ilmu edit video Anda. Sebab CyberLink PowerDirector Deluxe dinilai memiliki tampilan yang dapat dipelajari orang awam sekalipun. Hanya saja aplikasi ini berbayar, meski begitu sepadan dengan apa yang Anda dapatkan nanti.

2. MAGIX Movie Edit Pro

Berbeda dengan software di atas, MAGIX Movie Edit Pro diperuntukkan mereka yang sudah memahami aplikasi edit video pada PC. Ada berbagai fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini. Dengan begitu Anda bisa berkreasi dengan video Anda untuk menciptakan karya yang menarik untuk ditonton. Sama seperti CyberLinkPowerDirector Deluxe, Aplikasi ini berbayar. Anda dapat menggunakan aplikasi ini pada PC dengan OS Windows.

3. Pinnacle Studio

Aplikasi ini merupakan salah satu software edit video yang banyak dipakai. Bahkan aplikasi ini juga cukup populer dan dikenal handal untuk editing video. Fitur yang ditawarkan melimpah, Anda bisa menemukan berbagai efek yang bisa Anda sesuaikan dengan ide dan tema yang ingin Anda angkat. Setidaknya ada 1.800 efek, judul, template dan transisi yang dimiliki aplikasi berbayar ini.

4. Adobe Premiere Pro

Adobe memiliki banyak software, mulai dari pembaca file pdf hingga aplikasi edit video. Adobe Premiere Pro menjadi salah satu aplikasi terpopuler dan banyak dipakai oleh kalangan editor video. Bisa dikatakan Adobe Premiere Pro merupakan salah satu software edit video terbaik yang patut Anda coba. Bahkan software ini juga dapat terintegrasi dengan After Effects dan Photoshop. Fitur-fitur yang mumpuni ini tentunya tidak gratis, sebab Anda harus membayar untuk mendapatkan Adobe Premiere Pro.

5. Corel VideoStudio

Aplikasi ini dapat dijadikan pilihan lain untuk Anda yang gemar melakukan editing video. Tampilannya tidak terlalu sulit untuk dimengerti, terutama untuk mereka yang sudah familiar dengan software edit video PC. Ada beberapa keunggulan yang diklaim dimiliki Corel VideoStudio. Diantaranya render yang lebih cepat, adanya software flashwick sehingga proses editing lebih mudah dan adanya pilihan efek yang cukup banyak.

6. Camtasia

Camtasia adalah software untuk editing video yang memiliki banyak fitur menarik. Selain itu aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah dimengerti, sehingga cocok untuk pengguna yang masih awam. Camtasia juga memiliki kemampuan merekam aktivitas pada layar PC Anda, bermanfaat untuk Anda yang senang membuat tutorial. Software ini dapat dijalankan pada PC dengan OS Windows maupun Mac.

7. Final Cut Pro

Selain beberapa software di atas, Final Cut Pro juga tak kalah populer. Aplikasi ini menawarkan kemampuan editing video yang dapat diandalkan. Bahkan Final Cut Pro diklaim digunakan dalam beberapa film Hollywood. Aplikasi yang dikembangkan oleh Apple ini ditujukan untuk PC dengan sistem operasi MAC saja. Di samping itu Final Cut Pro juga berbayar.

8. Media Composer

Aplikasi ini diklaim mengusung fitur lengkap untuk menunjang keperluan Anda saat melakukan edit video. Hanya saja karena banyaknya fitur yang ada, Media Composer terbilang cukup rumit untuk dipahami pengguna awam. Media Composer tergolong aplikasi berbayar dan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang berniat mendalami dunia videografi. Software ini mendukung sistem operasi Windows dan Mac.

9. Sony Vegas

Software merupakan aplikasi editing video untuk non-linear editing (NLE). Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang akan membantu penggunanya saat menyunting video. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan efek tiga dimensi ke dalam video buatan Anda. Aplikasi ini juga memiliki beragam tool bermanfaat, seperti zoom, rotation dan lain sebagainya.

10. Adobe After Effects

Selain Adobe Premiere, Adobe Systems juga memiliki aplikasi bernama After Effects. Software ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan motion graphic design. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 50 standard effect yang dapat mengubah dan memberikan animasi pada objek. Jika ingin mencoba menambahkan animasi layaknya film layar lebar pada video Anda, aplikasi ini bisa menjadi pilihannya. Hanya saja Anda harus mengeluarkan dana untuk membeli software edit video yang satu ini.

11. Windows Movie Maker

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi edit video yang dibuat oleh Microsoft. Anda bisa menjumpai Movie Maker pada Windows XP. Namun Anda juga bisa mengunduhnya sendiri di situs resmi Microsoft. Windows Movie Maker dapat dijalankan pada PC atau notebook yang memakai sistem operasi Windows Vista, 7, 8 dan 10. Menariknya aplikasi ini gratis, artinya Anda bisa download aplikasi edit video PC ini tanpa perlu membayar.

Software gratis ini dapat digunakan dengan mudah dan terbilang ringan. Tampilan antarmuka Movie Maker juga tidak terlalu rumit sehingga bisa dipahami oleh orang awam. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang cukup mumpuni untuk edit video sehingga dapat membuat video Anda terlihat lebih menarik. Windows Movie Maker bisa dikatakan merupakan aplikasi editor video terbaik versi gratis.

12. Blender

Sebagian orang akan mengira aplikasi ini merupakan aplikasi untuk modeling object 3D. Hal tersebut memang tidak salah, sebab Blender memang berfungsi untuk membuat model dalam bentuk tiga dimensi sekaligus membuat animasi. Namun aplikasi open source ini juga dapat dipakai untuk edit video.

Ada beberapa fitur yang disertakan pada Blender, seperti memotong, memecah dan menggabungkan video, gambar ataupun audio. Aplikasi ini juga memiliki fitur rendering yang baik. diantaranya GPU & CPU rendering, Realtime viewport preview dan HDR lighting support.

13. CineFX Jashaka

Aplikasi edit video untuk PC lain yang bisa Anda coba adalah CineFX Jahshaka. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memutar video, editing, encoding, animasi dan memberi efek visual. Menariknya Anda bisa menggunakannya tanpa perlu membayar lebih dahulu. Software ini tersedia secara gratis dan merupakan proyek open source di bwah lisensi GPL. CineFX Jashaka bisa digunakan untuk Windows, OSX maupun berbagai distribusi Linux.

14. Avidemux

Aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengedit video secara gratis. Avidemux dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux maupun Mac OS. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah memotong video, filter dan tugas pengkodean. Aplikasi ini mendukung banyak jenis file, seperti AVI, DVD file MPEG, MP4, ASF dan lain-lain.

15. Kate’s Video Toolkit

Software edit video untuk PC lain yang bisa Anda unduh adalah Kate’s Video Toolkit. Aplikasi yang satu ini memiliki sejumlah fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam menyunting video. Terdapat fitur pemotong atau penggabungan video, efek transisi dan membuat urutan video dengan soundtrack. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk melakukan konversi format video.

Hanya saja aplikasi ini memiliki keterbatasan dan masih kalah dari aplikasi editing video PC ternama. Meski begitu aplikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk berlatih edit video sebelum menggunakan software yang memiliki fitur lebih melimpah. Aplikasi ini mendukung Operating System (OS) Windows XP, 7 dan 8.

16. VSDC Free Video Editor

Software lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengedit video adalah VSDC Free Video Editor. Aplikasi ini terlihat sedikit rumit karena pihak pengembang memberikan banyak fitur. Anda bisa menjumpai berbagai fitur yang berguna seperti pemilihan alat, fitur untuk menggambar, koreksi pencahayaan, filter, transisi, efek audio dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, aplikasi edit video ini juga bisa menyimpan video Anda dalam bentuk file, mengubahnya sehingga dapat diputar pada gadget maupun burning ke DVD.

17. PhotoFilmStrip

Lain halnya dengan beberapa software di atas, aplikasi yang satu ini berfungsi untuk membuat video dengan menggunakan beberapa foto yang Anda miliki. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih foto yang diinginkan dan menyesuaikan jalur kerak dan menyimpannya dalam bentuk file. Aplikasi ini dapat menyimpan video dalam beberapa format seperti VCD, SVCD, DVD hingga FULL-HD. Anda juga bisa memasukkan video dalam karya Anda, plus tambahan slideshow animasi yang menarik.

18. Lightworks

Aplikasi ini dilengkapi dengan sederet fitur yang membantu Anda dalam proses editing video. Lightworks diklaim digunakan dalam pembuatan berbagai film Hollywood seperti Mission Impossible dan Batman. Hanya saja aplikasi ini cukup sulit untuk dipelajari. Oleh karenanya Anda harus paham terlebih dahulu mengenai software edit video sebelum menggunakan aplikasi ini. Lightworks mendukung sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS.

19. MPEG Streamclip

Aplikasi ini bisa dikatakan menjadi aplikasi edit video PC dengan size paling kecil. Pasalnya ukuran file ini hanya 327 KB. Meski begitu, MPEG Streamclip dapat dipakai untuk converter format video, untuk memutar dan mengedit video. Aplikasi ini bisa Anda pakai untuk memotong, menyalin maupun menyisipkan video.

MPEG Streamclip mendukung beberapa format file video, antara lain MPEG, VOB, PS, M2P, MOD, VRO, DAT, MOV, DV, AVI, MP4, TS, M2T, MMV, REC, VID, AVR, M2V, M1V, MPV, AIFF, M1A, MP2, MPA, AC3 dan lain-lain. Sistem operasi yang didukung aplikasi ini adalah Windows dan Mac.

20. Storyboard Pro

Sebelum memulai membuat video, biasanya orang perlu merancang bagaimana alur cerita video yang akan dibuat nanti. Dengan begitu pesan yang ingin Anda sampaikan pada video tersebut akan menjadi jelas dan tidak membingungkan. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan aplikasi Atomic Learning – Video Storyboard Pro.

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam membuat storyboard. Ada beberapa fitur yang ditawarkan, seperti judul dan deskripsi, bagaimana gambar diambil, audio yang dipakai dan informasi penting lainnya. Tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini jika Anda gemar membuat video.

21. Freemake Video Converter

Aplikasi ini pada dasarnya berfungsi untuk mengubah format video. Akan tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk melakukan edit sederhana seperti memotong, menggabungkan ataupun merotasi video. Format file yang didukung aplikasi ini antara lain AVI, MP3, WMV, MKV, FLV, 3GP, MPEG dan lain sebagainya. Selain fitur-fitur tersebut, Freemake Video Converter juga masih memiliki fitur lain yang tak kalah penting. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakannya secara gratis, sesuai dengan namanya.

22. ZS4 Video Editor

Aplikasi ini menjadi salah satu dari sekian aplikasi edit video yang dapat diunduh secara gratis. Software ini dapat dipakai untuk menggabungkan berbagai jenis foto, video maupun file audio dan menjadikannya ke dalam satu atau lebih file output.

23. Unite or Split Videos

Sesuai dengan namanya, software editing video untuk PC yang satu ini berfungsi untuk menggabungkan maupun memotong dan memisahkan video. Anda tidak akan kehilangan video asli yang diedit, sebab aplikasi ini akan menggandakannya sehingga video asli tetap ada. Unite or Split Videos diklaim dapat dengan mudah dioperasikan. Selain itu aplikasi ini dapat di-download secara gratis tanpa adanya biaya tersembunyi. Tidak hanya itu, software ini juga mendapat update rutin dan dukungan komunikasi email jika Anda ingin mengajukan pertanyaan.

24. Video Spin

Apabila Anda ingin melakukan edit sederhana pada video buatan Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba Video Spin. Aplikasi ini bisa melakukan edit dasar video. Dan yang terpenting Software edit video ini gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

25. Davinci Resolve

Perangkat lunak yang satu ini memiliki beberapa keunggulan. Davinci Resolve merupakan aplikasi gratis yang memiliki fitur-fitur yang lengkap, bahkan bisa setara dengan aplikasi premium. Tidak hanya itu, menariknya aplikasi ini juga dimanfaatkan beberapa rumah produksi film Hollywood.

Ada tiga kunci utama yang ditawarkan aplikasi, seperti Non Linear Editing, Visual Effects dan Compositing. Aplikasi ini dapat di-download secara gratis untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi yang satu ini.

26. HitFilm 4 Express

Banyak yang mengatakan bahwa aplikasi ini mirip dengan Sony Vegas. Bedanya, HitFilm 4 Express dapat digunakan secara gratis. Apabila Anda ingin bereksperimen dengan menambahkan animasi menarik ke dalam video Anda, aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan Adobe After Effect sehingga Anda tidak terlalu kesulitan untuk mengoperasikannya.

27. WeVideo

Jika malas untuk mengunduh dan memasang aplikasi untuk sekadar edit video, WeVideo bisa menjadi solusinya. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan browser, sebab WeVideo merpakan editor video online berbasis cloud. Untuk mendapat akses Anda harus memiliki kartu kredit. Sedangkan untuk versi gratis hanya dapat mengedit video dengan durasi 5 menit dan memiliki kapasitas penyimpanan hanya 10 GB.

28. Youtube Editor

Anda pasti tidak asing dengan situs streaming video yang satu ini. Youtube memiliki aplikasi editing video yang dapat dimanfaatkan penggunanya. Dengan begitu Anda bisa menyunting video kreasi Anda agar terlihat lebih menarik untuk dilihat. Yang pasti Anda harus memiliki akses internet dan akun Youtube untuk dapat menggunakannya.

29. Stupeflix

Aplikasi ini hampir mirip dengan WiVideo. Pengguna dapat membuat video dengan foto, rekaman video dan menyisipkan lagu ke dalamnya. Aplikasi ini juga memiliki banyak template slideshow agar hasil video Anda tidak terkesan monoton. Pengguna juga dapat menambahkan tulisan atau caption pada setiap frame video.

30. Magisto

Software edit video ini hanya bisa diakses secara online melalui browser. Tidak jauh berbeda dengan Stupeflix dan WeVideo. Tampilan antar muka Magisto tidak akan membingungkan pengguna awam. Untuk dapat memakainya, Anda perlu meng-upload video yang akan di edit. Pastikan pula Anda memiliki koneksi internet yang memadai sehingga proses editing tidak memakan waktu yang lama.

Itulah 30 aplikasi edit video PC yang bisa Anda coba. Beberapa aplikasi memang berbayar, namun jangan sampai Anda mengunduhnya secara ilegal. Jika ingin mengedit video tanpa mengeluarkan dana, pakailah software edit video gratis untuk PC. Terus berlatih dan belajar dalam mengedit video sehingga Anda bisa menghasilkan karya yang menarik untuk dilihat banyak orang. Terima kasih atas kunjungannya di BBMaplikasi.com dan selamat mencoba.

Baca Juga : 

Source:

aplikasi edit video pc ringan,aplikasi edit foto pc ringan,software edit video slideshow ringan teks,edit video terbaik dan ringan,edit video pc ringan,bahan sederhana menjadi editor video,aplikasi editor jar,aplikasi edit wajah di video untuk komputer,aplikasi edit video terbaik untuk windows xp,aplikasi edit video ringan untuk laptop

30 Aplikasi Edit Video PC Terbaik dan Ringan | dias mahendra | 4.5