Cara Download Video Youtube di Android Dengan dan Tanpa Aplikasi


Cara Download Video Youtube di Android – Memiliki sebuah smartphone lengkap dengan koneksi WiFi, apa yang terlintas di pikiran? Sebagian orang pasti ingin streaming Youtube. Tentunya Anda sudah tidak asing dengan salah satu produk dari Google ini. Youtube merupakan salah satu situs video sharing yang memungkinkan para penggunanya melihat sekaligus mengunggah video sehingga dapat dilihat khalayak ramai.

Situs ini menjadi situs streaming video terpopuler di dunia. Menurut data yang ada, pada tahun 2010 terdapat lebih dari 13 juta jam video yang di-upload oleh pengguna Youtube. Lantas apa yang membuat Youtube begitu populer?

Salah satu alasannya adalah pengguna aktif Youtube yang sangat banyak. Hal ini membuat video di situs tersebut semakin beragam. Anda bisa menjumpai berbagai tutorial, berita terhangat, melihat kartun, review suatu produk dan lain sebagainya. Tak mengherankan jika setiap harinya banyak orang yang mengakses situs Youtube.

Di samping itu untuk memudahkan para penggunanya, Google menghadirkan aplikasi Youtube yang bisa diunduh secara gratis untuk pengguna HP Android maupun iPhone. Hanya saja ada sedikit hal yang kerap menjadi kendala. Jika ingin melihat video, pengguna harus terhubung ke internet terlebih dahulu. Jika ponsel tidak dapat terhubung ke internet sudah pasti tidak bisa mengakses Youtube.

Hal ini tentu menjadi permasalahan, terlebih jika hanya mengandalkan WiFi gratis untuk berselancar di dunia maya. Lantas bagaimana  cara download video Youtube di Android? Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih dalam seputar cara download video Youtube dari Android, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

Cara download Youtube di Android dengan TubeMate

Cara pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah mendownload video Youtube dengan aplikasi. Salah satu aplikasi pengunduh Youtube yang banyak dipakai adalah TubeMate. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan sehingga tidak akan membuat pengguna kesulitan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Download atau unduh aplikasi download Youtube TubeMate melalui situs resminya di http://tubemate.net.

2. Setelah selesai, install aplikasi download video ini pada smartphone Android Anda. Lalu buka aplikasi tersebut, maka Anda akan menjumpai kotak dialog Terms of Use seperti di bawah. Untuk melanjutkan, tekan tombol Agree.

3. Anda akan dibawa pada TubeMate Wizard yang berisi fitur baru apa saja yang ada pada aplikasi hp android tersebut, changelog setiap versi hingga aktivasi fitur untuk download lebih cepat. Anda bisa membacanya atau tap Next untuk meneruskan. Tekan tombol Next beberapa kali hingga Anda menjumpai tombol Close.

4. Kemudian akan muncul tampilan aplikasi TubeMate ini. Ada informasi bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut yang akan membantu Anda untuk memahami cara kerjanya.

5. Jika ingin unduh video Youtube, tap form pencarian lalu ketik judul video yang diinginkan dan tekan Go. Maka akan muncul beberapa video sesuai dengan yang Anda ketik.

6. Buka video yang ingin Anda unduh setelah itu Anda akan menemui tampilan seperti di bawah. Tekan tombol anak panah warna hijau yang berada di pojok kanan atas.

7. Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Ada beberapa resolusi video yang bisa Anda unduh. Pilih salah satu yang Anda inginkan, namun jangan lupa untuk menyesuaikan dengan resolusi maksimal yang didukung perangkat Anda. Jika sudah klik tombol download di bagian bawah.

8. Sesudah itu proses download dimulai secara otomatis. Anda bisa melihat status unduhan video Anda pada status bar. Salah satu hal menarik dari aplikasi ini adalah proses download yang cepat. Alasannya TubeMate membagi proses download tersebut menjadi beberapa bagian. Proses kerja ini sama seperti Internet Download Manager (IDM) yang lazim ditemui pada Windows.

9. Apabila proses download telah selesai, Anda bisa memeriksanya di download list. Anda sudah bisa menonton video yang telah diunduh tadi dengan menggunakan aplikasi pemutar video bawaan HP ataupun aplikasi pihak ketiga yang dapat didownload di Google Play Store.

Itulah cara mendownload video di Youtube dengan menggunakan aplikasi.  Jika Anda sedikit kesulitan dan ingin mencari cara yang paling singkat, kami punya alternatifnya. Untuk lebih lengkap akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Download Video Youtube Dengan Cepat

Untuk cara alternatif ini, Anda tidak membutuhkan aplikasi lain selain Youtube dan browser. Biasanya pabrikan sudah menyertakan dua aplikasi tersebut sebagai bawaan. Apabila tidak ada, maka Anda harus mengunduhnya terlebih dulu di Play Store secara gratis. Jika sudah siap, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Buka aplikasi Youtube, lalu cari video yang ingin Anda unduh.

2. Jika sudah, tekan tombol “Share” atau berbagi. Tombol ini terletak di sisi atas, bersebelahan dengan tombol “+”. Setelah itu akan muncul menu seperti gambar di bawah. Tap atau sentuh tombol “Salin URL” untuk menyalin tautan video tersebut.

3. Langkah selanjutnya adalah membuka browser. Anda bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox atau browser lainnya. Jika sudah terbuka akses situs keepvid.com. Maka muncul tampilan seperti di bawah.

4. Paste atau tempel link URL video tadi di bar yang ada pada situs tersebut, lalu klik Download.

5. Anda akan melihat halaman Download Information mengenai video yang ingin Anda unduh. Untuk mengunduh video, Anda bisa memilih salah satu resolusi yang terdapat pada menu “Full Video”. Tunggu proses download hingga selesai dan video siap untuk ditonton.

Perlu dicatat, semakin besar resolusinya maka kapasitas memori yang dibutuhkan juga lebih besar. Selain itu pastikan resolusi yang Anda pilih kompatibel dengan pemutar video ponsel Anda. Ini merupakan salah satu cara download video di youtube tanpa aplikasi yang bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Cara Download Video Youtube dengan ClipConverter.cc

Selain keepvid.com, Anda juga bisa memanfaatkan situs clipconverter.cc. Caranya tidak jauh berbeda dengan versi keepvid. Supaya jelas, ikuti cara di bawah ini:

1. Ikuti langkah 1 dan 2 pada tutorial di atas.

2. Jika sudah, buka browser dan ketikkan clipconverter.cc, lalu klik enter. Anda akan menjumpai tampilan awal dari situs tersebut.

3. Pada menu “Video URL to Download:”, paste link URL yang telah Anda salin tadi dan klik tombol Continue.

4. Akan muncul menu seperti di bawah ini. Tentukan resolusi mana yang ingin Anda unduh. Jika sudah, klik tombol “Start!”. Tunggu proses download hingga selesai. Jika selesai, video sudah bisa Anda putar.

Download Video dengan Youtube offline

Sebenarnya, selain tiga cara di atas masih ada cara download video dari youtube yang tergolong mudah dan praktis. Pada Youtube versi terbaru, Google sudah menyematkan fitur offline yang memungkinkan penggunanya menyimpan video dari Youtube ke dalam perangkat. Dengan begitu Anda bisa menontonnya kapan pun tanpa perlu koneksi internet.

Jika tertarik untuk mencobanya, silakan ikuti tahapan berikut ini:

1. Pastikan smartphone Anda sudah memiliki aplikasi Youtube terbaru. Jika belum ada, unduh di Play Store.

2. Buka aplikasi Youtube dan login dengan akun Google milik Anda.

3. Jika sudah, cari video yang ingin Anda unduh lalu tap video tersebut untuk membukanya.

4. Perhatikan di bawah video tersebut, Anda akan menemui tombol download di bagian kanan. Tekan tombol tersebut untuk mengunduh video.

5. Akan muncul tampilan seperti di bawah. Pilih resolusi video yang Anda inginkan. Jika sudah, klik OK.

6. Video akan diunduh setelahnya. Tunggu proses tersebut sampai selesai. Anda bisa memeriksa proses download pada status bar.

7. Bila sudah selesai, maka Anda sudah bisa menonton video tersebut dalam keadaan offline. Untuk melihatnya, buka aplikasi Youtube lalu akses menu Pengguna > Available Offline. Kemudian tap Saved Videos untuk melihat video yang sudah Anda unduh tadi.

Adanya Youtube offline memang memudahkan Anda untuk memutar video meskipun tanpa internet. Hanya saja tidak semua video bisa disimpan. Ada beberapa video yang tidak bisa Anda simpan. Hal ini berkaitan dengan piracy dan copyright. Biasanya akan muncul peringatan seperti di bawah yang menandakan bahwa video tersebut tidak dapat disimpan secara offline.

Demikian adalah cara download video Youtube di Android baik menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi yang patut Anda coba. Semoga cara di atas bisa membantu Anda, terutama bagi Anda yang sedang kebingungan mengenai cara download video youtube di HP kesayangan Anda. Namun jangan gunakan langkah-langkah di atas untuk perbuatan yang melanggar hukum. Silahkan mencoba!

Baca Juga :

Source:

kenapa tombol download offline youtube ada silangnya

Cara Download Video Youtube di Android Dengan dan Tanpa Aplikasi | dias mahendra | 4.5