Cara Mempercepat Koneksi WiFi Paling Efektif


Cara Mempercepat Koneksi WiFi – Masyarakat modern tentu sudah tidak asing dengan WiFi. Menurut laman Wikipedia, WiFi merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel atau menggunakan gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer. WiFi juga berfungsi untuk koneksi internet berkecepatan tinggi.

Secara sederhana WiFi merupakan hal yang memudahkan pengguna gadget, baik smartphone, PC, notebook atau laptop mengakses jaringan internet. Hotspot atau WiFi banyak kita temui di tempat umum. Contohnya di kampus, pusat perbelanjaan, perpustakaan dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan smartphone atau ponsel pintar pengguna internet juga semakin bertambah. Hal inilah yang membuat internet sudah seakan menjadi kebutuhan pokok.

Internet bisa memudahkan aktivitas kita, seperti mengirim pesan melalui aplikasi chatting, melakukan video call, browsing untuk mencari informasi, membayar tagihan, membeli barang secara online dan masih banyak hal bermanfaat lainnya. Itulah mengapa banyak pengguna internet di sekitar kita.

Baik WiFi yang dipasang di tempat umum maupun WiFi yang dipasang di rumah sama-sama memiliki permasalahan klasik. Kadangkala WiFi atau hotspot tersebut terasa lambat ketika dipakai untuk internetan. Permasalahan ini biasanya dikarenakan beberapa hal. Contohnya pengguna yang terlalu banyak, bandwidth yang terbatas atau internet yang mengalami gangguan.

Akan tetapi jangan terburu berputus asa. Sebab ada beberapa trik untuk mempercepat koneksi WiFi. Berikut adalah cara mempercepat WiFi yang bisa Anda coba :

Cara mempercepat jaringan WiFi #1

Untuk cara yang pertama ini Anda tidak membutuhkan peralatan khusus. Cara ini cukup mudah karena tidak menuntut Anda untuk memahami seluk-beluk jaringan. Berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan :

Periksa posisi router

Hal ini terdengar sepele, namun perlu Anda sadari bahwa posisi router dapat mempengaruhi kinerjanya. Router bekerja untuk mengirimkan sinyal ke semua arah. Oleh sebab itu sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan. Apabila router berada di samping jendela, akan ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Hal ini justru membuat sinyal WiFi tidak terjangkau luas di dalam ruangan.

Hindari meletakkan router di lantai

Letakkan router di tempat yang lebih tinggi seperti meja atau lemari. Perlu diketahui, router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Dengan meletakkan router di tempat yang tinggi, maka jaringan dapat tertangkap gadget atau smartphone dengan baik.

Letakkan router di tempat khusus dan terbuka

Sinyal WiFi akan semakin kuat jika Anda berada di dekat router itu berada. Oleh karena itu disarankan untuk meletakkan router di ruangan atau tempat yang sering Anda tempati untuk mengakses internet. Selain itu hindari meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding atau bahkan di dalam lemari.

Sebab ada beberapa bahan yang dapat menyerap sinyal router. Jika benda tersebut berada di dekat router maka bisa dipastikan jaringan menjadi sulit terjangkau. Oleh karenanya posisikan router di tempat yang bebas himpitan.

Jauhkan dari barang elektronik

Usahakan untuk tidak menaruh router di dekat perangkat elektronik lain seperti telepon nirkabel, TV ataupun microwave. Alasannya perangkat elektronik dapat menghasilkan sinyal elektromagnetik. Hal ini dapat mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

Atur posisi antena

Pastikan antena router berada di posisi vertikal. Posisi antena ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal. Dengan begitu sinyal WiFi dapat terjangkau hingga ke seluruh ruangan.

Cek kekuatan sinyal dan kecepatan internet

Untuk memeriksa kekuatan sinyal, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pengecek koneksi WiFi seperti cloudcheck atau amped. Gunakan aplikasi tersebut untuk memetakan bagian mana yang bisa menerima sinyal dengan kuat dan sebaliknya.

Di samping itu lakukan speed test untuk menguji seberapa cepat koneksi internet Anda. Yang pertama cek kecepatan internet dengan menggunakan WiFi, lalu berikutnya cek dengan menggunakan kabel internet. Apabila koneksi keduanya sama-sama lamban, maka permasalahan ada pada penyedia layanan internet Anda. Anda bisa menghubungi pihak penyedia untuk menanyakan lebih lanjut.

Atur peranti lunak (software) router

Untuk cara ini terbilang sedikit lebih rumit dibanding cara di atas. Anda perlu masuk ke pengaturan router. Anda membutuhkan web browser untuk mengaksesnya. Ketikkan IP khusus untuk menuju ke pengaturan. Biasanya informasi ini tertulis di tubuh router atau di buku panduan maupun boks.

Jika berhasil masuk, cari pengaturan channel frekuensi router tersebut. biasanya terdapat 14 channel yang dapat dipilih. Anda bisa menggunakan channel 1, 6 dan 11. Channel ini dinilai baik karena lebih minim gangguan dan jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai orang lain.

Selain itu Anda juga dapat memeriksa apakah firmware router tersebut sudah mutakhir (up to date) atau tidak. Biasanya produsen router akan memberikan firmware terbaru untuk perangkat buatannya. Hal ini ditujukan untuk memperbaiki cacat atau bug yang ada pada firmware lama dan untuk mengoptimalkan kinerja router.

Beli router baru

Apabila cara di atas tidak memberikan solusi, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli router baru. Terlebih jika Anda merasa router memang mengalami permasalahan atau kerusakan. Akan tetapi jika Anda masih ragu-ragu Anda bisa mencoba bertanya kepada kerabat yang mengetahui seputar jaringan internet atau konsultasi ke pusat servis komputer terdekat.

Memilih provider yang kompeten

Solusi lain jika kecepatan internet dirasa belum maksimal adalah dengan memilih Internet Service Provider (ISP) yang terbukti handal dan kompeten. Untuk hal ini Anda bisa mencari tahu di internet mengenai testimoni beberapa pengguna suatu provider. Cari tahu apakah ada permasalahan yang sering dikeluhkan pengguna ketika memakai internet.

Pakai modem yang memadai

Moderm merupakan singkatan dari modulator demodulator. Perangkat ini berfungsi untuk mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu untuk diproses menjadi saluran telepon nirkabel. Agar koneksi internet kencang, pilihlah modem dengan spesifikasi kecepatan yang besar.

Pakai perangkat berspesifikasi tinggi

Tidak selamanya kecepatan internet yang lambat dikarenakan router atau modem yang bermasalahan. Bisa jadi hal tersebut bersumber dari gadget yang Anda gunakan. Jika PC atau smartphone yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang rendah, bisa jadi akses internet ikut terganggu.

Di sisi lain perkembangan teknologi internet juga semakin berkembang. Supaya Anda bisa merasakan dampak positifnya, maka perangkat yang Anda gunakan juga harus sesuai dengan perkembangan saat ini. Contohnya untuk smartphone saat ini tersedia jaringan 4G. Jika ingin merasakan kecepatan internet di jaringan 4G, maka Anda harus memiliki ponsel yang mendukung jenis jaringan tersebut.

Cara mempercepat jaringan WiFi #2

Apabila Anda mencari solusi lain, kami masih memiliki cara mempercepat koneksi internet WiFi lain yang mungkin dapat membantu Anda. Ada beberapa trik yang bisa dicoba. Akan tetapi langkah ini sedikit lebih rumit. Namun kami juga menyertakan gambar sehingga Anda tidak kesulitan untuk memahaminya.

Mengubah setting bandwidth

Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal untuk transmisi data. Biasanya dalam keadaan default bandwidth komputer hanya mencapai 20% saja. Untuk itu Anda bisa menggantinya dengan nilai yang lebih besar sehingga dapat memaksimalkan koneksi internet. Berikut hal yang perlu Anda lakukan:

1. Pastikan modem yang Anda pakai dalam keadaan hidup.

2. Buka aplikasi Run bawaan Windows dengan menekan tombol logo “Windows” dan “R” secara bersamaan. Maka akan muncul pop up Run.

3. Pada kolom yang tersedia, ketikkan “gpedit.msc” dan klik OK atau tekan tombol Enter.

4. Tidak lama setelahnya akan muncul tampilan seperti di bawah. Klik 2 kali pada bagian Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler.

5. Jika sudah, klik 2 kali pada menu Limit Reservable Bandwidth.

6. Klik tulisan Enabled yang ada pada jendela Limit Reservable Bandwidth. Lalu pada menu Bandwidth Limit ganti menjadi 0 (default-nya 20). Jika sudah klik OK.

7. Restart komputer untuk menguji apakah cara tersebut bekerja.

Mengganti DNS

Anda juga bisa mengganti DNS lama komputer Anda. DNS merupakan kependekan dari Domain Name System. DNS dipakai untuk melakukan pencarian nama di komputer yang memakai fasilitas jaringan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Ganti DNS komputer Anda menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet hingga 20% dari kecepatan semula. Di bawah ini adalah cara memperkuat sinyal WiFi laptop dengan mengubah DNS:

1. Lihat taskbar Windows yang berada di kanan bawah. Cari ikon Network dan klik kanan, lalu pilih “Open Network and Sharing Center”.

2. Akan muncul jendela Open Network and Sharing Center. Langkah berikutnya adalah klik menu Connection yang ada di bagian kanan.

3. Jika sudah, sistem akan menampilkan jendela “Wireless Network Connection Status”. Klik tombol properties yang ada di bagian bawah kiri.

4. Setelah itu klik sekali pada “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik tombol Properties.

5. Maka muncul tampilan seperti di bawah. Pada tab General, klik pilihan “Use the following DNS server addresses”. Anda bisa mengubahnya seperti berikut:

Open DNS:

  • Prefered DNS: 208.67.222.222
  • Alternate DNS 208.67.220.220

DNS Google:

  • Prefered DNS Server: 8.8.8.8
  • Alternate DNS Server: 8.8.4.4

6. Selanjutnya klik tombol OK dan restart PC atau notebook Anda.

Mengaktifkan DNS Cache

Cara menstabilkan koneksi WiFi lainnya adalah dengan mengaktifkan DNS Cache. Langkahnya cukup sederhana dan bisa Anda coba sendiri. Lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini:

1. Buka aplikasi Notepad

2. Copy kode di bawah ini dan paste ke dalam notepad:

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]

"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001

"CacheHashTableSize"=dword:00000180

"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00

"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d

3. Setelah itu simpan dengan nama “dnscache.reg”. Jangan lupa untuk mengganti menu save as type dari yang semula “Text Documents (*.txt)” menjadi All Files (*.*). Anda dapat menjumpai menu ini di bawah kolom nama file (File Name) di jendela Save As.

4. Berikutnya double klik pada file yang baru Anda buat tadi. Buka file tersebut setiap Anda browsing di internet.

Cara mempercepat koneksi WiFi dengan CMD

Selain beberapa cara di atas, ada cara mempercepat wifi dengan CMD atau Command Prompt. Ada dua cara yang banyak dijelaskan. Yakni dengan menggunakan perintah “ping” dan “Netsh”.

Perlu dicatat, perintah ping pada dasarnya berfungsi untuk memeriksa sebuah koneksi jaringan. Perintah tersebut akan membantu pengguna untuk mengetahui apakah sebuah komputer sudah terhubung dengan komputer lainnya melalui media jaringan seperti internet, LAN dan lain sebagainya. Dengan melakukan ping, pengguna juga dapat menguji apakah jaringan terhubung dengan lancar atau tidak. Kesimpulannya, cara ini dirasa tidak efektif untuk meningkatkan kecepatan internet Anda.

Selanjutnya adalah meningkatkan kecepatan internet dengan Netsh. Netsh merupakan sebuah perintah yang difungsikan untuk menampilkan atau memodifikasi konfigurasi jaringan baik secara lokal maupun remote dari mesin yang aktif. Dengan perintah ini Anda juga dapat menonaktifkan autotuning pada Windows.

Fungsi autotuning menurut beberapa pihak menjadi salah satu penyebab tersendatnya jaringan. Dengan menonaktifkan fungsi tersebut akses jaringan atau internet Anda diklaim akan meningkat. Jika Anda tertarik mencobanya, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan:

1. Klik tombol Windows di bagian kiri bawah layar komputer Anda, klik All Programs > Accessories. Cari aplikasi Command Prompt, klik kanan dan pilih Run as administrator.

2. Setelah muncul jendela CMD, ketikkan perintah “Netsh interface tcp set global autotuning=disabled” tanpa tanda kutip, lalu tekan tombol enter. Hal ini akan menonaktifkan fungsi autotuning TCP/IP networking pada PC Anda.

3. Untuk mengetahui hasilnya, Anda bisa mengetikkan perintah “Netsh interface tcp show global”.

4. Jika pengaturan sudah berubah, ketikkan “Netsh interface tcp set global rss=disabled”. Dua cara di atas (autotuning dan rss) dapat menyelesaikan permasalahan pada jaringan internet yang bermasalah di OS Windows.

5. Untuk mengembalikannya seperti semula, ketikkan perintah “Netsh interface tcp set global autotuning=normal” dan “Netsh interface tcp set global rss=enabled” tanpa tanda kutip.

Demikian adalah artikel cara mempercepat koneksi WiFi. Semoga tutorial di atas bisa memberikan jawaban untuk Anda yang tengah bingung karena koneksi WiFi yang lamban. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga : 

Source:

cara memaksimalkan wifi di tempat umum,cara mempercepat koneksi wifi umu,memudahkan jaringan wifi dibuka,mempercepat wifi dirumah,cara mempercepat wifi di tempat umum,cara mempercepat wi-fi yang bsnyak dipakai,cara mempercepat koneksi wifi hotspot,cara mempercepat kecepatan jar axis,cara membuat internet wifi yang semula cepat dapat menjadi normal,perintah cmd untuk meningkatkan jaringan wifi umum

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Paling Efektif | dias mahendra | 4.5