Harga Samsung Galaxy Tab A, Hadir Dalam 2 Ukuran Layar


Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy Tab A, Produsen smartphone asal Korea Selatan, Samsung kembali menggebrak pasar dengan menghadirkan tablet terbarunya. Tablet tersebut adalah Samsung Galaxy Tab A. Tablet baru besutan Samsung ini dihadirkan dalam 2 ukuran layar yang berbeda, yakni 9.7 inci dan 8.0 inci. Tidak hanya itu, rasio layarnya juga berubah menjadi 4 : 3 layaknya iPad.

Layar dengan rasio 4 : 3 memiliki kelebihan, yakni lebih nyaman digunakan untuk membaca e-book ataupun menonton film. Agar lebih mudah dioperasikan, Samsung Galaxy Tab A ini didesain tipis. Ketebalan tablet ini hanya mencapai 7.5 inci. Sedangkan harga yang dipatok oleh Samsung sebesar Rp 3,5 jutaan untuk versi termurah. Sementara untuk model 9.7 inci dibanderol dengan harga Rp 4,9 jutaan. Berikut adalah spesifikasi lengkap tablet Samsung Galaxy Tab A :

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A

Ram 2 GB
OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
CPU Qualcomm Snapdragon 410 Quad Core 1.2 Ghz ARM Cortex-A53
Layar
  • Tab A 8.0 : 768 x 1024 pixels, 8.0 inches (~160 ppi pixel density)
  • Tab A 9.7 : 768 x 1024 pixels, 9.7 inches (~132 ppi pixel density)
GPU Adreno 306
Memory Internal : 16 GB (Wi-Fi)/ 32 GB (LTE)Eksternal : microSD up to 128 GB
Berat
  • Tab A 8.0 : 320 gram
  • Tab A 9.7 : 457 gram
Dimensi Ketebalan : 7.5 mm thickness
Kecepatan Internet HSPA, LTE
Konektivitas
  • Wireless :Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth V4.0
  • USB : microUSB v2.0
  • GPS : A-GPS, GLONASS
Kamera Belakang 5 Megapixel, 2592 х 1944 pixels, autofocus
Kamera Depan 2 Megapixel
Kapasitas Baterai
  • Tab A 8.0 : Non-removable Li-Ion 4200 mAh
  • Tab A 9.7 : Non-removable Li-Ion 6000 mAh

Tablet baru Samsung ini mengusung resolusi yang cukup kecil untuk ukuran tablet harga 3 jutaan. Samsung Galaxy Tab A 9.7 yang mengandalkan layar berdiameter 9.7 inci hanya mempunyai resolusi 768 x 1024 pixel, dengan kepadatan pixel ~132 ppi. Alhasil kualitas gambar yang dihasilkan tablet ini masih klah dengan Galaxy Tab S yang mepunyai resolusi Quad HD dan layar Super Amoled.

harga samsung galaxy tab a terbaru

Sementara Samsung Galaxy Tab A 8.0 hadir dengan mengusung layar TFT berukuran 8 inci. Resolusi layar ini hanya sebesar 768 x 1024 pixel. Kendati demikian gambar yang dihasilkan model ini akan lebih jernih dari versi layar 9.7 inci karean mempunyai kepadatan pixel ~160 ppi.

Meskipun layar keduanya mengusung layar beresolusi rendah, setidaknya Samsung Galaxy Tab A hadir dengan dimensi yang tipis. Ketebalannya mencapai 7.5 mm, sedangkan beratnya 320 gram untuk versi 8 inci dan 457 gram untuk versi 9.7 inci.

Agar konsumen memiliki pilihan yang lebih banyak, Samsung juga menawarkan Galaxy Tab A dalam dua pilihan fitur konektivitas, yakni Wi-Fi Only dan versi LTE. Kedua versi tersebut tentu dibanderol dengan harga yang berbeda.

Kini menilik ke bagian hardware Samsung Galaxy Tab A. Tablet ini mengusung Chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan arsitektur 64 Bit yang memiliki kecepatan Quad Core 1.2 GHz. Prosesor ini dibantu engan pengolah grafis GPU Adreno 306 yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk memaikan game berkualitas HD maupun memutar film. Sementara RAM yang dibenamkan pada tablet ini berkapasitas 2 GB. Alhasil performa multitasking Samsung Galaxy Tab A lebih baik dari Galaxy Tab 4 yang masih menggunakan RAM 1.5 GB.

Untuk penyimpanannya, Samsung membekali tablet ini dengan memori internal berukuran 16 GB untuk versi Wifi Only dan 32 GB untuk versi LTE. Samsung Galaxy Tab A juga dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung hingga kapasitas sebesar 128 GB. Dengan begitu pemilik dapat menyimpan film ataupun musik favorit lebih banyak di dalamnya.

harga samsung galaxy tab a baru

Di samping itu Samsung membekali tablet ini dengan sistem operasi Android Lollipop yang dibalut dengan user interface TouchWiz UI. Tidak hanya itu, Samsung Galaxy Tab A juga dibekali dengan fitur Multi-Window yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar.

Fitur kamera Samsung Galaxy Tab A tergolong standar. Tablet ini mengandalkan kamera belakang beresolusi 5 MP tanpa adanya fitur LED flash. Namun kamera ini tetap dilengkapi dengan fitur Autofocus. Untuk kamera depannya, Samsung membenamkan lensa 2 MP sehingga pengguna dapat melakukan panggilan video.

Samsung Galaxy Tab A 8.0 menggunakan baterai berjenis Li-Ion yang memiliki kapasitas daya sebesar 4200 mAh. Sedangkan Galaxy Tab A 9.7 dibekali baterai berdaya 6000 mAh. Demikian adalah review dan spesifikasi dari tablet Samsung Galaxy Tab A 8.0 dan 9.7. Sedangkan untuk harga bisa dilihat pada tabel di bawah ini :

Harga Samsung Galaxy Tab A

Harga Samsung Galaxy Tab A 8.0 WiFi : $275
LTE : $340
Harga Samsung Galaxy Tab A 9.7 WiFi : $307
LTE : $372
Rate $1 : Rp 13.000,00

Selain kami merangkum mengenai spesifikasi lengkap dan harga Samsung Galaxy Tab A ini, di bawah ini kami juga akan memberikan tabel kelebihan dan kekurangan dari Tab Samsung ini. Berikut kami sajikan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A :

Kelebihan  Kekurangan 
  • Memiliki layar dengan rasio 4 : 3 sehingga lebih nyaman saat digunakan membaca ebook dan menonton film
  • Memilik kinerja yang cepat dan responsif karena dilengkapi Ram 2 GB dengan processor Quad Core 64 Bit
  • Memiliki sistem operasi terbaru yakni Android Lollipop
  • Kapasitas baterainya cukup besar
  • Dilengkapi teknologi LTE dengan kecepatan 150 mbps pada versi LTE
  • Ketajaman layarnya sangat kurang karena menggunakan layar TFT beresolusi 768 x 1024 pixels
  • Layar belum menggunakan teknologi Super Amoled yang dimiliki Galaxy Tab S
  • Kamera utama belum dilengkapi LED Flash sehingga kurang maksimal saat memotret dan merekam video di malam hari
  • Baterai Galaxy Tab A tidak bisa dicopot
  • Harga Samsung Galaxy Tab A tergolong cukup mahal

Harga yang tercantum pada kolom di atas tentunya sebanding dengan kelebihan yang dimiliki pada tablet ini, ditambah tab ini juga mengusung nama merk terkenal yakni Samsung yang sudah terbukti kualitasnya. Mungkin itu saja yang dapat kami informasikan mengenai Samsung Galaxy Tab A, semoga artikel mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab A beserta kelebihan dan kekurangan yang kami sajikan di atas dapat membantu Anda yang sedang berencana meminang Tab Samsung yang satu ini. Baca Juga, Daftar Harga Samsung Galaxy Tab Terbaru dan Harga Samsung Galaxy Grand Prime Terbaru.

Harga Samsung Galaxy Tab A, Hadir Dalam 2 Ukuran Layar | bbmaplikasi | 4.5